Cara merawat anak kelinci umur kurang dari 1 bulan


Merawat kelinci yang masih kecil memang gampang-gampang susah kadang kita sudah merasa mengurusnya dengan baik tapi kadang tetap saja ada yang sakit lalu mati, nah berikut ini saya share cara merawat kelinci yang masih bayi atau kurang dari satu bulan.

Jika kamu baru saja membeli kelinci yang masih kecil dan diperkirakan umurnya masih dibawah 1 bulan maka sebaiknya tempatkan kelinci dikandang yang sedikit tertutup dan terbuat dari papan/bambu atau kawat loket. Buat kotak ukuran 40×40 tinggi 10 cm untuk tempat kelinci tidur.

Kotak ini dimasukan kedalam kandang kelinci supaya kelinci kecil tidak kedinginan, dan bila sudah dipisah dari induknya biarkan kotak ini sampai kelinci berumur -+ 45 hari. Kelinci biasa disapih di usia 35 hari walaupun karena mengejar produktifitas banyak peternak yang menyapih di usia 30 hari.

Didalam kandang kelinci bisa dipasang lampu pijar 5-10 watt jika dirasa suhu udara cukup dingin, bila kandang berada diluar rumah usahakan ada penutup atas dan samping jika malam hari, pada pagi hari kelinci juga perlu sedikit dijemur di jam 8 – 9, jangan langsung dibawah sinar matahari. Penjemuran bisa mengurangi resiko kelinci mencret dan kembung.

Makanan Anak Kelinci:

Kelinci bisa memakan rumput-rumputan dan daun-daunan, akan tetapi tidak semua rumput dan daun aman buat anak kelinci kecil karena bisa menyebabkan kembung dan mencret. Pakan pellet khusus kelinci dapat mengurangi resiko kelinci sakit namun bila susah didapatkan bisa juga menggunakan pur ayam di campur dedak dan nasi serta dicampur sedikit air.

Daun yang aman untuk kelinci: daun pepaya, daun pisang, daun jagung, daun tebu dll.
Rumput yang aman untuk kelinci: Rumput gajah, odot, bandotan, kawatan rata-rata yang berdaun sempit.

Pakan daun dan rumput sebaiknya tidak diberikan waktu masih segar tapi jemur dulu 2-3 jam dibawah sinar matahari supaya layu.

Anak kelinci memiliki predator utama yaitu kucing dan tikus jadi pastikan kelinci kamu jauh dari kucing liar atau tikus. Oke selamat merawat kelinci barunya ya semoga bisa tumbuh sampe besar.