Cara Memproteksi Anak dari Video Berbahaya di Youtube

84 views

Pernah ngalamin ngga tiba-tiba anak kita bisa menemukan video kekerasan atau video yang seharusnya hanya untuk diakses orang dewasa di youtube? Mungkin anda pernah membaca berita yang viral beberapa bulan kebelakang tentang sorang anak kecil yang asik menonton video dewasa di ponsel orang tuanya, nah kejadian seperti ini mungkin juga terjadi pada anak-anak lain namun tidak sampai viral.

Sebenarnya jika anda sadar, youtube menyediakan fitur safe mode dimana setiap video yang di 'flag' atau ditandai oleh penonton maka video akan diblokir saat fitur ini di aktifkan. Tapi jika video itu merupakan video baru atau reupload maka kemungkinan besar akan lolos dari fitur ini. Nah bagi orang tua yang bisa membiarkan anaknya menonton video youtube melalui smartphone dan tablet saya mempunyai jurus ampuh agar anak-anak terhindar dari video jahat.

Langkah melindungi anak dari video youtube tidak layak

1. buka google play jika android dan itunes jika menggunakan iphone atau ipad
2. pilih pencarian lalu masukan youtube kids, pilih pasang atau get atau download, tunggu samapi selesai
3. buka aplikasi youtube kids, saat awal membuka anda diminta memasukan kode angka yang tertulis diatas kolom untuk membuka kunci pengaturan (atau klik gambar gembok)
4. matikan fitur search / pencarian
5. aktifkan fitur timer, jadi anak hanya dapat menggunakan aplikasi youtube dalam jangka waktu yang anda tentukan sendiri, selain itu aplikasi akan terkunci.

Selain melakukan proteksi melalui aplikasi kita juga bisa melakukan blokir melalui jaringan internet, namun cara ini hanya bekerja jika anak mengakses melalui wifi rumah yang dapat kita akses panel adminnya seperti mifi, wifi indihome dll. Sedangkan mayoritas akses internet adalah menggunakan operator seluler sehingga kita akan kesulitan untuk memblokir, selain mengaktifkan youtube safe mode dan memasang youtube kids.


author

Comments are closed.